Wednesday, April 6, 2016

[Edeline's Update] Ready for first solid food

Haihai semuanya...ga berasa banget nih Edel akhir bulan ini berusia 6 bulan..kayanya baru kemaren lahiran deh eh sekarang anaknya uda 6 bulan aja...kalo uda punya anak waktu tuh berasa cepet bgt yaa..Di usia 6 bulan nanti cencunya Edel uda bisa mulai makan MPASI, semangat banget nih mau mulai kasi makan Edel hehehe...kalo menurut pengalaman ibu2 lain kasi makan itu awal2nya semangat lama2 males yaa, tapi semoga semangat gw ga redup2 nih buat bikinin makanan buat Edel.

Nah, dari beberapa bulan sebelumnya gw uda mulai hunting dan nyicil ngumpulin peralatan MPASI...soalnya kalo beli sekalian brek berasa mahal kakaak...Ini beberapa perlengkapan MPASI yg so far uda ada tapi masi ada juga beberapa yg masih jadi wishlist..

1. Food Processor
Food processor ini penting ga penting sih sebenernya yaa tapi kalo buat gw sebagai working mama tentunya bergun, kenapa begitu? Soalnya ini handy bgt buat mempersingkat waktu masak memasak makanan nya...kalo uda ada food processor tinggal kukus dan blender aja ga perlu lagi ngukus/godok2 di panci n kemudian saring2 yang mana makan waktu banget itu...Food processor yg gw beli itu merk Babymoov karena uda baca reviewnya oke dan ternyata multifungsi 5in1 *korban iklan* 
Babymoov ini katanya kapasitasnya lumayan gede buat masak porsi banyak sekaligus kalo mau disimpen di kulkas gitu jadi ga perlu berkali2 masak dalam satu hari..mayan irit listrik kaan

2. Printilan (karena males jabarin atu2)
Nah printilan ini kaya sendok, mangkok, tempat nyimpen kecil2, training cup, food feeder dsb...rata2 uda tau lah yaa mungkin yg aneh itu food feeder aja, jadi food feeder yg gw beli itu merk munchkin gunanya buat BLW alias Baby Led Weaning, jadi si baby bisa belajar makan sendiri...makanan nya di potong kecil2 aja terus masukin ke dalam feeder, nanti si baby tinggal gigit2 di jaringnya aja...karena ada jaringnya jadi ga bakalan kesedek dan bs melatih dia gigit2 juga..
 
Gambar lebih jelasnya kurleb kaya begini nih:

3. Dryer/Sterilizer
Nah dryer ini uda beli beberapa bulan sebelumnya sekalian buat sterilin botol susu Edel, tadinya pake steam sterilizer tapi koq repot mesti ttp keringin pake tissue lg...jadi akhirnya biar sekalian beli Panasonic Dish Dryer supaya botolnya bisa langsung kering. Panasonic Dish Dryer ini lumayan gede kapasitasnya jadi ga perlu bolak balik berkali2 sterilin...

4. Bibs/Slabber
Kalo anak uda makan tentu aja butuh celemek ya supaya ga belepotan ke baju2...browsing punya browsing ternyata slabber favorite emak2 itu yg tommee tippee roll n go slab jadi karena itu gw jadi penasaran dan end up beli jugaa...Duuh perkembangan teknologi bikin kita makin boros ya...informasi gampang diakses jadi org mata keranjang kaya gw yg ini mau itu mau jadi korban deh..

Sisa slabber yg lain itu yg standard sih buat cadangan ajah hehehe...

Tuh kan ternyata banyak juga yaa perlengkapan MPASI itu, tapi ujung2nya gatau deh kepake apa ga...masih ada beberapa wishlist yg masi belom kebeli nih kaya:
- Doidy Cup (gara2 review nya rere jadi ngiler)
- Boon Squirt (ini juga kayanya praktis buat kasi makan jadi ga perlu pake mangkok2 lg)
- Talenan & Pisau tersendiri ini katanya supaya lebih higienis yaa
- Container buat taro barang2 MPASI nya 

Nanti gw juga bakal bikin review tersendiri buat Babymoov Nutribaby Zen nya yaa kalo uda coba...gasabar bgt nih mau coba jugaak ahayy~~~





Saturday, March 5, 2016

[Edeline's Update] 4 Months

Di 4 bulan ini perkembangan Edeline adalah...

6,3 kg
63 cm

Di bulan ini naiknya uda mulai lumayan lagi...anaknya nenen nya makin banyak sekitar 130-150ml sekali minum dan uda mulai banyak bisanya...
Di 4 bulan ini edel tiap kali ditaro di tempat tidur maunya tengkurep terus...guling sana guling sini...peer banget kalo abis mandi mau pakein baju dll anaknya ga bisa diem banget *elap keringet* 

Sekarang edel juga uda banyak ngoceh sama ketawa ngikik...kalo diajak main banyakan ketawanya dan yg bikin kaget kalo diajak nonton Tv bisa ketawa sendiri juga...cita2 mulia nya sebenernya gamau ajarin nonton tv tapi apa daya yaa...disetelin tv anaknya lgs anteng...

Anaknya juga uda bisa main nih sekarang...punya mainan favorit juga yaitu barbel2an koq demenan nya kaya agung hercules sih dek? 

Beberapa mainan Edel...lama2 nanti rumah bisa jadi Taman Kanak-kanak nih

Edel makin kesini juga makin ketauan personality nya...si baby yg tadinya cuma bisa bobo nenen pup pipis repeat sekarang uda jadi baby yg smiley dan bisa diajak main sama ngobrol biarpun most of the time cuma babbling aja.. Seneng rasanya kalo liat si baby makin banyak bisanya...

Sekarang gw jg uda mulai nyicil beli perlengkapan  MPASI...call me gatel..tapi uda ga sabar rasanya mau liat edel makan hehehe...jadi dr sekarag uda mulai listing perlengkapan MPASI dan uda mulai beli beberapa...Biar nanti kalo uda waktunya ga begitu banyak keluar duitnya segabrek...sedikit demi sedikit lama2 menjadi bukit lah yaa...

Edel uda punya fav cartoon character which is Pororo...nggak tau kenapa kalo lg kejer nangis terus dikasi nonton pororo lgs anteng cuman pororo lho...aneh yaa anak jaman skrg koq uda bisa milih...

Buat perlengkapan MPASI yg uda dibeli kurang lebih ini
    Booster seat nya uda dicobain edel :p
         Beberapa perintilan lain nya

Buat set piring sm food maker uda ada dr hadiah lahiran kemarin...lumayan lah bisa dipake nanti. Nanti kalo perlengkapan MPASI nya uda komplit dibuat postingan sendiri yaa...siapa tau bisa bantu2 mommy lain yg mau persiapan MPASI juga hehehe...Ga sabar rasanya mau liat edel makan kyaaah...emaknya yg ga sabar malahan ini...





Monday, February 15, 2016

Working Mom Problem

Beberapa waktu lalu sempet ketemu sama kata2 dari seorang public figure yang katanya ustad. Isi kata2 nya begini..


Hati gw lgs berasa jleb jleb jleb....mbok ya mikir dulu lah ya sebelom ngomong kan dia juga (katanya) public figure dan (katanya) juga seorang ustad. Emang sih semua org punya hak ya mau ngomong apa aja di social media tapiihh coba pikirin ada berapa ibu yang terluka *tsah* sama kata2 ini...Kalo menurut gw sendiri yang seorang ibu dan juga kerja, apapun yg gw lakukan ga membuat gw kurang menjadi seorang ibu. Jadi kurang lebih alasan wanita2 ato ibu2 bekerja sekarang  iyalah karena

1. Kebutuhan Hidup
Iya, ga bs dipungkiri sekarang apa2 mahal...pengamen aja dikasi gope ga mau, pipis aja bayar 2rb, makan 10rb sekarang ga kenyang...belom lagi biaya2 lainnya...intinya sekarang semua2nya duit. Okeh kalo lakinya penghasilan nya cukup kalo ga? Kan mau gamau istrinya juga harus kerja juga, emang ga kesian sm suaminya kerja cape2 ga kesian juga sama anaknya yang kekurangan?

2. Masa depan anak
Selain kebutuhan hidup yg makin mahal, sekarang mesti dipikirin biaya sekolah anak. Mau gamau sekarang harus ada simpenan ato asuransi buat pendidikan. Sekarang sarjana S1 banyak lho yg nganggur ato jadi tukang ojek online (no offense) emang mau nanti anaknya masa depan nya susah? Ga kan?

3. Wanita juga punya keluarga
Gw biarpun uda nikah, gw masih ada tanggungan untuk kasi uang ke nyokap tiap bulan, karena bokap uda ga ada...jadi mau gamau nyokap bergantung ke gw. Dengan bekerja gw bisa dengan bebas ngasi uang ke nyokap gw, bukan berarti suami gw ga ngasi gw untuk kasi uang ke nyokap tapi bukankah lebih enak kalo kasi dengan uang sendiri?

4. Kebutuhan dan perlengkapan anak
Beli diaper, beli perlengkapan sehari2 kaya minyak telon, tissue lah, kantong asi lah, entah apa lah...Pas gw punya anak gw menyadari kalo kebutuhan anak itu banyak dan mahal...sukur2 bisa kasi ASI ke anak kalo harus sufor? Kan harus dipikirin juga. Apalagi imunisasi, bray imunisasi jaman sekarang mahal lho...

Intinya ya pak ustad, biarpun saya 8 jam di kantor saya tetep lho mikirin anak saya di rumah, tiap mau berangkat kerja saya sedih...saya juga sedih karena ga bisa menghabiskan waktu sama anak saya sehari2nya. Tapi saya gamau hidup anak saya kekurangan, saya gamau ngerepotin suami, saya mau bantu suami buat menghidupi keluarga saya, saya gamau cuma bisa hidup untuk saat ini aja tapi saya mau mikirin masa depan keluarga dan anak saya. Even I spend 8 hours (or maybe more) at the office, nothing can stop me from being a mother. I'm still a mother... Coba lho pikirin kesedihan ibu2 disana yang terluka karena denger kata2 bapak...yang biarpun kerja, tapi berjuang tiap 2-3 jam sekali tetep mompa ASI buat anaknya. 





This entry was posted in

Wednesday, February 10, 2016

Edeline's first CNY

Hallo semuanya...masih belum telat lah ya buat ngucapin Gong Xi Fa Cai...semoga di tahun baru imlek ini makin banyak rejeki, kesehatan bagus, dan asmara makin membara...haiyaa cici sama koko doain semoga semuanya di beri kelancaran yaa...

Bonus foto Edeline
       Edeline lagi latian pai2 H-1 CNY

Hasil kerja keras Edel, mommy nya nih yang bahagia...hahahaha...

The Novindies wishing you great health, prosperity, and luck for the years ahead! 恭喜发财!HUAT AH!






Tuesday, February 2, 2016

[Edeline's Update] 3 Months

Jumpa lagi di edisi update tentang Edeline nih...Wah, makin berasa kalo blog ini jadi blog emak2 deh soalnya yang diomongin ga jauh2 seputar anak. Di bulan ini berat badan Edel ga naik banyak karena anaknya susah nenen. Tapi gak apa2 deh yang penting anakya sehat2 aja.

3 months
5510 gr
60 cm

Jadi total naik berat badan dari bulan sebelumnya cuma sekitar 400 gram, tapi pas kontrol ke dokter katanya anaknya sehat dan emang normal koq kalo anaknya suka gamau minum asi. Pas di 3 bulan lewat 1 hari Edel uda bisa tengkurep sendiri dan angkat kepala lumayan lama, selain itu anaknya uda fix gamau di gendong kaya newborn lg. Maunya di gendong sambil duduk gitu, mungkin lebih enak ngeliat2 nya kali ya. Kalo lagi tiduran anaknya juga mulai suka angkat2 badan kaya mau minta digendong. Edel juga matanya aware banget tiap kali mau difoto pasti liat kamera...nurunin jiwa narsis mommy ya kamu? hehehe...

I am now 3 months old :)


Milestone di 3 bulan ini adalah:
- Bisa tengkurep! Milestone paling membanggakan kayanya ini deh :p
- Mulai angkat badan
- Suka didudukin (padahal dilarang keras sama mertua)
- Ketawa sampe ngikik kalo becanda..lucu bgt
- Uda mulai ngileran gatau efek mau tumbuh gigi atau kenapa
- Di gusi bawah uda mulai kaya mau tumbuh gigi, jadi gusinya uda putih dan kalo dipegang atas gusinya uda kasar2..jadi mommynya mulai beliin sikat gigi baby dan oral gel supaya anaknya biasa buat gosok gigi.

Jadi sikat giginya yang gw beli buat Edel bentuknya kaya gini nih
Oral gel yang dipake aman koq buat baby dan katanya bisa dipake dari newborn dan bisa bantu untuk relieve gum-ache kalo pas mau tumbuh gigi
Oral gel & Sikat giginya gw beli di Babyzania karena setelah di cek n ricek lebih murah dari olshop lain.

Oral gel nya aman kalo ditelen karena flouride free, jadi aman dipake buat baby. Edel suka banget brushing-time dia dengan sukarela buka mulut gede2 kalo mulut & gusinya mau dibersihin. Semoga Edel giginya nanti bagus yaa numbuhnya biar bisa jadi bintang iklan pasta gigi :D


Monday, January 18, 2016

Baby Swimming and Massage Time at Mom n Jo

Kalo dulu pas hamil ke Mom n Jo buat pijet mommy nya sekarang giliran Edel nih yang di pijet2 dan berenang.

Kemarin gw ambil massage baby plus berenang biayanya 275rb. Tapi kalo cuma ambil massage aja ato berenang aja harganya 150rb. Pas massage ditawarin buat nambah essential oil eucaliptus biar anget dengan harga 30rb, karena Edel emang lagi kembung2 jadi diriku nambah deh.

Pertama-tama sebelum berenang Edel di stretching dulu sama terapis nya. Abis itu di pasangin ban dikepala baru di cemplungin ke bak. Edel ga nangis sama sekali, dia cuma bengong abis itu berenang gaya gukguk wkwkwk...lucu banget deh liatnya. Ternyata anak bayi itu refleks gerakin kaki tangan kaya orang berenang pas di cemplungin.


Setelah berenang kurang lebih 15 menit, Edel diangkat terus dikeringin...abis itu baru mulai di massage. Anak nya juga anteng pas di massage kayanya keenakan deh...hehehe


Efek nya yg paling berasa setelah di massage adalah nenen nya jadi banyak hahaha kalo tidur sih ga bisa komen soalnya edel kalo malem emang uda  sleep through the night dan paling bangun cuman buat nenen aja...

Yuuk mommy2 yg lain ikutan ajak anaknya berenang...lucu banget liat baby berenang deh...#bukaniklan #bukanpromosi 

Saturday, January 16, 2016

Favorite Baby Product

Hallo mother2 aka ibu2 semuanya...akhirnya setelah lama ngendon di draft postingan ini kelar juga di tulis. Jadi di postingan kalo ini gw mau bahas baby products yang gw pilih buat Baby Edeline. Siapa tau bisa bantu2 mommy to be di luar sana yang lg cari2 product buat baby nyaa...yuk maree

1. Botol Susu
Botol susu uda pasti jadi barang most-important dong yaa buat baby. Biarpun bayi ASI tetep mesti punya botol susu in case harus di tinggal mamaknya kepasar mungkin. Dan aku bukanlah Ibu2 di grup yang fanatik itu yang melarang keras botol susu karena buktinya Edel minum pake botol susu dan ga bingung puting at all...Jadi Edel kalo siang ato kalo lg pegi2 minum asip pake botol dan kalo malem cencu saja dari pabriknya lgs. Botol susu yg gw pake itu merk Dr.Brown  so far dr awal Edel lahir pake botol ini cocok2 aja. Alasan utama pake botol ini karena dr.brown ini natural flow jadi flow susu nya lambat seperti ngenyot dari nenen Ibu jadi ga keluar banyak kaya botol susu biasa. Edel pake yg wide neck dan standard neck juga dua2nya cocok. Yang paling ga enak mungkin agak repot di nyuci nya aja karena sparepart nya lbh banyak dr botol biasa krn dr.brown ini ada vent dan reservoir nya yg harus di sikat pake sikat kecilnya. Setiap beli botol dr. Brown pasti dapet sikat kecilnya koq jadi ga usa khawatir buat bersihin nya. 



2. Diaper
Aku bukanlah ibu rajin juga yang pakein anaknya popok kain ato clodi. Alasan ga pake popok kain sebenernya karena biar ga ganggu anaknya tidur, karena kalo popok kain kan tiap pipis harus sering ganti kaan. Mengutip dari salah satu iklan diaper yang katanya anak bertumbuh saat tidur jadi ia butuh tidur yang berkualitas *tsah*. 
Kalo ga pake clodi alasannya simply karena masalah higienitas aja.
Diaper yang gw pake itu merk Merries. Pilih ini karena paling cocok dan bagus dr diaper merk lain yg uda dicoba. Merk lain ad yg bikin rashes, ad yg bocor, dan ada yg berat bgt padahal baru dipipisin dikit. Jadi sejauh ini pake merries paling cocok. Merries ini biarpun uda penuh dan  dipipisin permukaan nya ga lembap dan ttp kering jadi ga bikin bumbum nya Edel rashes. So Edel Approved!

              Edel is a Merries Baby

3. Toiletries
Toiletries yang dipake Edel campur2 dan agak ribet karena emak nya juga ribet ahahahaa. Kalo utk muka Edel pake facial cream nya Mustela sama kaya Body Lotion nya juga Mustela. Kalo buat sabun mandi, diaper changing cream, sama liquid talc Edel pake merk Biolane, dan untuk shampoo, hair lotion, dan cologne Edel pake merk Zwitsal. Biarpun campur2 product nya Edel wanginya ttp enak koq hehehe. Yang paking recommended itu Liquid Talc nya Biolane sama Facial Cream nya Mustela. Karena kalo baby kan sekarang ga boleh pake bedak karena partikel nya bisa kehirup tuh jadi gw pake Liquid Talc aka bedak cair tapi after-used nya sama koq kaya bedak yang lembut2 gitu tapi bentuk nya cair. Kalo facial cream nya ini tokcer buat sembuhin muka Edel yang sempet bruntus dan merah2. Kayanya cuma 2 hr pake lgs kering deh bruntus nya. Skrg tiap hari rutin pake mukanya Edel jadi mulusss bgt, enak bgt dipegangnya. Mommy nya jadi makin gemes cium2in Edel.


4. Sleepsuit
Gw suka banget pakein Edel sleepsuit kalo malem karena praktis kalo gantiin diaper ga perlu copot2in celana lg. Dan kayanya pake sleepsuit ini anget dan  nyaman buat si Edel. Jadi gw saranin buat mommy2 to be buat beli sleepsuit buat baby nya selain lucu pas dipake, gampang pakein nya dan bukanya kalo ganti diaper, nyaman dan anget juga buat babynya. Edel gw beliin sleepsuit dr mothercare, sebenernya a bit pricey sih tapi bahannya enak bgt dan lbh tebel dr sleepsuit yg biasa. Tapi kalo utk merk itu personal preference yaa...merk apa aja bagusnya disesuain sama kebutuhan aja.


Ini foto edel pas pake sleepsuit...sleepsuit yg dipke di foto ini skrg uda citet dan sempit...anak bayik itu sungguh cepet gede yaa.

5. Diaper Bag
Kemarin gw beli diaper bag merk okie dog yang freckles blue moon indigo. Alasan utama belinya karena lg diskon 50% hahahaha...dan karena cukup spacey juga jadi bisa taro barang banyak. Karena perlengkapan bayi kan lumayan banyak tuh. Karena tasnya lumayan gede jadi kadang gw sendiri kalo pegi ga usa bawa tas lagi deh

Ini penampakan tas nya

Kayanya cukup itu aja sih yg dibahas...Nanti kalo ada product2 bagus lg baru review yaa.

Happy (Belated) New Year - Latest Updates!

Hallo semuanya, Happy New Year (biarpun telat tapi, it'a the thought that counts kan yaa) I'm wishing you all the greatest things for this year ahead!

Akhirnya ada waktu juga nih buat nulis post. Maklum yaa emak2 sekarang waktunya habis di urusin anak. Di tahun baru ini banyak hal2 baru yang menyenangkan dan paling membahagiakan which is...Punya anak dongg...biarpun cape tapi it's the most rewarding experience, Ever! Biarpun badan rentek tetep seneng kalo liat anak ketawa2, bahagiaa banget mandangin anak tidur. 

Dan akhirnya setelah lama nyari2 gw akhirnya dapet Baby Sitter juga buat bantu urus Edel pas nanti awal february gw balik kerja. So far sih Cocok sm BS nya. Orang nya uda pengalaman urus anak, jadi kadang malah gw sendiri yg belajar sama dese. Dan penyesuaian nya sama kebiasaan2 gw dan Edel lumayan cepet. Semoga betah dan cocok ya sus!
Sayang sama Edel juga :)

Makin deket mau masuk kerja makin mellow dan makin sering mimpi masuk kerja...tapi gimana yaa karena terhimpit kebutuhan hidup, apalagi sekarang ada anak jadi tetep harus menghadapi realita kalo kudu balik kerja. Mungkin aku akan berenti kerja kalo dapat undian 1 Milyar *Gosok2 kupon undian*

Tahun ini ga ada resolusi apa2 hahaha...jalanin aja seperti air mengalir..Harapannya di tahun ini standard aja deh, semoga lebih baik dari Tahun sebelumnya. Semoga Edel bisa tumbuh sehat dan besar jadi anak baik. Harapannya tipikal emak2 banget yaa   >,<

Semoga di tahun ini kita semua selalu bahagia yaa, cheers!

*OOT: sampe saat ini belom sempet kirim2 dan bungkusin hampers sebulanan nya Edel, padahal anaknya uda mau 3 bulan >v<  sabar2 yaa kawan. Ini gw uda beli bubble wrap nya dan uda sebagian dibungkus. Semoga bisa kelar secepatnya hahahaa...


A Letter to Edeline

My Dearest Daughter Edeline,

Edeline, kalo kamu nanti bisa baca dan mengerti ini, mommy pingin kamu tahu kalo mommy sayang bgt sama Edeline.

Mungkin mommy ga bisa habisin waktu sama kamu sebanyak mama2 lainnya ato sebanyak waktu kamu sama sus karena mommy harus balik kerja. Tapi mommy kerja itu buat masa depan Edel dan buat beli segala keperluan Edel. Mommy pingin Edel ga kekurangan suatu apapun.  Biarpun mommy di kantor, mommy tetep mikirin Edel all the time. Mommy pasti kangen sama Edel kalo mommy ga bareng2 kamu. 

Setelah 3 bulan ini kita habisin waktu bareng2, mommy sedih banget harus ninggalin kamu dan balik ke rutinitas di kantor. Bahkan kalo inget harus balik ke kantor pun mommy pasti nangis. Biarpun mommy kerja, Edel ga usah takut karena mommy tetep mompa ASI buat Edel minum. 

Selama 3 bulan ini mungkin waktu yang kita habiskan ga selalu menyenangkan...mungkin ada waktunya Edel kesel karena mommy ga ngerti arti tangisan Edel ato pada saat sus mulai bantuin mommy urusin kamu...Mommy juga akuin kalo kadang mommy berasa cape harus begadang malem2 nyusuin kamu dan mommy sempet kesel karena kamu nangis ga berenti2. Tapi ga sedikitpun rasa sayang mommy berkurang sama kamu nak. 

Mommy pasti kangen nyiumin kamu, kangen gendong kamu, kangen nyusuin kamu, kangen habisin waktu bareng kamu pas mommy di kantor nanti. Edel harus jadi anak baik dan ga rewel yaa saat nanti mommy tinggal ke kantor. Edel harus nurut sama sus dan oma. 

Mommy loves you so much, words can't describe. I am writing this while you are sleeping beside me...


Monday, December 28, 2015

[Edeline's Update] 2 Months

Hallo kayanya baru kemarin bikin postingan first month nya Edel eh sekarang bocahnya uda 2 bulan aja.
Sebenernya mau buat review posting produk2 yg dipake Edel tapih berhubung masih bingung mau review apa aja jadi skip deh ke postingan 2 bulanan nya Edel hehehe...

2 months
5112 gr
58 cm

Naik berar badanny lumayan nih, naik sekitar 0,5kg dalam 2 minggu dan tingginya juga naik 3 cm...Kayanya ini anak bakalan bongsor kaya bapake soalnya kalo keturunan gw mungil2 nih, ponakan2 gw jg ga ad yg segede dan setinggi Edel pas seumur dia...Jadi nyokap gw berasumsi kalo Edel ini ngikutin klan bapaknya. 
Kontrol ke dokternya pas Edel 2 bulan kurang 3 hari, sekalian sama suntik BCG..Dokter sm susternya jg bilang Edel termasuk cepet naik berat sm tingginya..semoga aja sehat begini terus yaa anak Mommy yg bulbul...hehehe

Makin gemes sm Edel soalnya sekarang anaknya ga cuma tidur doang tapi uda bisa di ajak main...uda mulai ngoceh2 dan sering banget senyum kalo di ajak ngomong ato nyanyi...Sekarang ini Edel sering di ajak nyanyi dan rencananya mau mulai bacain buku cerita. Edel demen banget nonton TV, kalo pas bapake nonton TV dia bisa liatin TV ga berkedip...sigh, padahal rencananya gamau ajak dia nonton TV, tapi kayanya bakalan gagal deh.

           Ini foto aku yg lagi senyum :)

Milestone Edel di 2 bulan ini yg signifikan adalah:
- Uda bisa angkat kepala lumayan lama biarpun masi ogel2, biasanya angkat kepala dan mulai nengok2 pas di burping
- Badannya uda mulai miring kiri kanan, kalo tidur juga sukanya miring uda ga kaya bayi lagi
- Uda mulai responsif, kalo di ajak ngomong bisa senyum2 dan kadang bisa ikut ngoceh
- Ga suka dicuekin, kalo lg ngoceh terus kita ga konsen ke dia anaknya langsung nangis manja
- Uda mulai masukin tangan ke mulut, demen banget isep2 jari nya

Dan akhirnya Edel ditindik juga nih...Horee selesai sudah PR nya Mommy Daddy :) 

Sehat terus yaa Edel bulbul nya Mommy Daddy, tumbuh jadi anak yg bahagia dan sehat...We love you too much!



Saturday, December 12, 2015

[Edeline's Update] 1 Month

Berat badan: 4669 gr
Tinggi badan: 55 cm
Lingkar Kepala: 40 cm

Sebenernya pas ditimbang ga pas sebulan sih tapi pas 42 hari. Berhubung pas sebulan ga ad jadwal ke dokter jadi baru bisa update sekarang. Dokternya bilang anaknya sehat, terus naik berar badan nya banyak. Kunjungan ke dokter sebelumnya itu pas Edel 12 hari, berat badannya 3449 gr yg mana turun dari berat lahirnya. Emang sekarang kalo digendong uda berasa sih, emaknya sekalian angkat beban nih...asal tangan jangan berotot sebelah aja yaa...hahaha

Tinggi nya juga naik lumayan, kayanya ini nurunin bapake soalnya mommy nya tingginya di bawah rata2. Gpp deh kalo tinggi kaya daddy nya, kali aja gede bisa jadi model :p

Imunisasi nya baru Hepatitis 1, Polio 1, Hepatitis 2, Polio 2. BCG nya baru 2 minggu lagi nih sekalian di tindik. Iyaa sampe sekarang Edel belom ditindik soalnya emak bapaknya ga tega, tapi katanya mending pas masih kecil yaa kalo uda gedean takut dia uda bisa tarik2. Jadi kuat2in mental deh supaya nanti pas 2 minggu lagi uda siap ditindik nya. 

Edel juga sekarang uda dibotakin, daddy nya yg botakin sendiri. Ini dibotakin juga karena kepala nya Edel banyak biang keringet jadi dibotakin aja deh biar bisa sekalian diobatin. Doain yaa supaya rambutnya tumbuh banyak dan cepet. Soalnya dari lahir ini anak rambutnya minimalis amat, bagian depan nya hampir botak kaya model rambut profesor :(
Mommy nya mulai sekarang rajin2 deh pakein Edel minyak kemiri dan hair lotion supaya rambutnya lebat. 

Nih bonus foto Edeline, siapa tau belom bosen :p

Ini foto botaknya akuu :D


Sunday, December 6, 2015

Edeline's Very First Month Celebration

Waktu berjalan cepet banget yaa dan ga berasa si baby ini uda sebulan aja umurnya...Sebulan ini masih belajar jadi mommy dan belajar lebih mengenal si baby. Setelah sebulan ini ngurus baby rasanya gimana? Cape tentunya...waktu 90% semuanya buat baby...karena gw baru dpt baby sitter bulan Januari jadi sekarang full ngurus sendiri...toh baby baru lahir demand nya kan cuman nenen, ganti popok, sama mandiin aja. So far Edeline is a very good baby. Anaknya anteng dan nangis cuma pas minta nenen ato ga pas ee aja. 

Buat rayain full month nya Edeline, mamer bikin onde dan telor merah, gw tugasnya pesen kue sama hampers aja sih dan sempet di visit juga sama temen2 pas sebulanan dan Edeline kedatengan temen main juga :D

             I am now 1 month young :)
Pesenan kue sebulanan buat dibagi2 ke sodara2...lucuu yaa kuenya

Pesenan hampers, proudly designed by mommy :p

Edeline disamperin temennya, Baby Val ;)


Duh rasanya sedih nih karena cuti tinggal 2 bulan lagii...sekarang puas2in deh menghabiskan waktu sama Edel. Wishes buat Edel semoga sehat terus, tumbuh jadi anak yang baik, yang penuh kasih, jadi anak pinter dan sayang sama mommy daddy yaa...We love you so much Edel :-*

Buat temen2 yang uda kirim gift buat Edel di tunggu yaa kiriman hampers nya...yang kayanya bakalan lama nih dikirim nya...mommy nya sampe sekarang masi sibuk ngurusin Edeline..tp I'll try my best nyuri2 waktu buat packing and kirim2 paket nya yaa :D


Thursday, November 26, 2015

Review SPOG dan RS Hermina Jatinegara

Hai hai, biar ga basi2 amat di postingan kali ini mau review dokter sama RS aja deh hehehe...

Kalo yang ngikutin postingan gw dari awal hamil pasti tau kalo awalnya gw periksa di Hermina bekasi sm salah seorang dokter, yang mana gw ga sreg karena dokternya kaya kejar setoran banget, periksa 5 menit belom sempet nanya2 susternya uda buka pintu aja...Gw bukan tipe yg suka diburu2 jadi dari situ selesee aja deh hubungan kita dok...cukup sekaliii saja..

Akhirnya dari beberapa rekomendasi saudara2 si uti yang 99.9% semua lahiran di Hermina Jatinegara, gw pun akhirnya pindah ke RS ini sama dokter yg nanganin beberapa sodara uti juga...tadinya mau pake dokter yg nanganin lahiran nya uti juga, tp alhamdullilah untung nya dokter ybs uda pensiun...bukannya knp2 sih tapi katanya dokternya uda mulai pikun...kan ngeri juga yaa...

Dokter yg gw pilih itu dr. Paulus K Gunawan, Spog dese praktek di Hermina Jatinegara, Hermina Podomoro, dan RS Pluit juga...termasuk salah satu dokter senior juga keliatan dari rambutnya yg uda putih semua...dokter ini orgnya tegas dan informatif bgt. Teliti bgt deh kalo periksa, detail bgt...setiap periksa pasti dikasi laporan gitu tentang kondisi janin. 
Jadi kalo mau pilih dokter yg pengalaman dan jam terbangnya tinggi gw rekomen banget dokter paulus. Dan gw gatau faktor dokternya jago apa emg pemulihan gw yg cepet pasca SC tapi bekas operasi gw cepet keringnya dan sakitnya ga lama2...

Kalo buat RS nya Hermina Jatinegara termasuk RS tua yaa...jadi ada beberapa bagian RS yg masi belom di renov tapi sebagian besar semua uda renovasi. Yg bikin ga sreg sih cuma lorong nya yg agak remang2 tapi kalo kamarnya nyaman koq...yg paling istimewa adalah makanan nya yg enak2 dan melimpah..sampe bisa buat sharing makan bedua sama uti..ini antara romantis ato irit yaa. Untuk kamarnya sendiri gw ambil kelas VIP karena gw ga nyaman harus sharing bareng2 org lain apalagi kan kalo lg di kunjungin sm temen2 n sodara, ga enak ganggu org lain...pertimbangan lain ambil kelas VIP juga biar si uti bisa nginep bareng nemenin gw. Suster2 di rs ini juga ramah2 dan informatif, setiap pertanyaan gw dijawab dengan jelas...kamar rs juga rutin dibersihin sehari 2x...overall recommended deh yg mau lahiran disini. Kalo untuk harga mungkin beti2 lah ya biayanya sama rs2 di jakarta lainnya.

Saturday, November 14, 2015

My biggest nightmare, my greatest fear

Maju mundur cantik nih mau cerita apa ga...maap juga ke beberapa temen karena belom cerita juga...jadi sekalian aja deh share disini biar semua bisa jadiin pelajaran aja dari kasus gw.

Jadi sebenernya ada apa sih? *nanya, nanya sendiri...jawab, jawab sendiri*
Jadi ceritanya, sehari ato bisa dibilang belum genap sehari juga sih...setelah Edel lahir, kira2 tgl 30 nov subuh setelah gw coba nenenin dia dan dia tidur (ini masi di rs yaa ceritanya) gw perhatiin kalo koq nih anak nafasnya sesek dan dadanya naik turun, biarpun baru beberapa jam saja jadi ibu...naluri ge bilang this is not right...akhirnya gw panggil suster buat bawa anaknya ke kamar bayi aja karena gw kira nih anak kedinginan. Ga lama kemudian suster pun ambil edel buat di bawa ke kamar baby. Nah, karena mumpung edel lg di kamar baby gw ama uti nyolong2 waktu buat tidur dulu.

Sekitar jam 6, kamar gw diketok dan kemudian masuk dokter jaga dan suster yg td ambil edel. Si dokter jaga yg masi muda ini jelasin kalo baby gw tuh tariks  napasnya ga normal...jadi katanya kalo babyblain tarikan napasnya sekitar 40-60x permenit sedangkan edel 80x per menit yg katanya bisa bahaya buat jantung baby...dan dia diagnosa kalo baby gw kena TTN (Transient Tachypnea of the Newborn) lebih jelasnya bisa di googling sendiri yaa pokok nya intinya masih ada cairan ketuban di paru-paru edel yang buat dia jadi susah napas. Dan dokter jaga saranin kita buat cepetan rawat di NICU right away dia sampe bilang katanya bahaya deh. Perasaan gw saat itu? Panik, sedih, kalut, cemas...di satu sisi masih in denial dan masih mikir mau cari 2nd opinion, disatu sisi takut anaknya kenapa2 juga...akhirnya karena gamau ambil resiko, kita mutusin buat yauda edel dirawat di NICU dulu. Karena bekas jaitan gw masi cenat cenut, akhirnya uti yg anter edel ke NICU dan urus adminnya. Sedangkan gw dikamar dan langsung nangis sesengukan. Sedihnya bukan main. Coba bayangin baru beberapa jam sama baby dan sekarang baby nya uda harus masuk NICU. 

Dan di NICU, edel kemudian di saranin utk tes darah dan rongent. Si edel disuru puasa dulu 1 x 24 jam buat di observasi. Kemudian masih di tanggal 30 nov siangnya, edel uda di pasang infus buat masukin obat...my heart breaks liat anak masi kecil bgt uda di infus, disuru puasa, dan harus ngalamin ini semua. 
Pas liat edel di NICU lgs gw nangis sesengukan sampe air mata dan ingus balapan...sediih bgt bgt bgt...


Kayanya sebelumnya belom pernah merasa sampe sesedih ini deh.
Sehari setelah dirawat, edel uda boleh mulai minum asi...tapi apa daya asi masi setetes dua tetes, akhirnya harus terima nasib kalo edel harus dikasi sufor dulu. Sufor yg dikasi pregestimil karena edel sempet alergi pas di pasang salah satu infusan sampe harus di ganti infusan nya. 
Susternya nanya apa gw sama uti pilek? Ato ada yg jenguk sakit pernapasan ga? Kita ga perhatiin yg jenguk karena lumayan banyak org juga yg jenguk di hari pertama...jadi pelajaran buat yg mau lahiran, better kalo banyak yg jenguk baby nya di taro di ruang baby dulu aja buat menghindari tertular ato terkontaminasi yg macem2 deh...kasian kan karena dihari pertama baby masi dalam proses adaptasi.

Hari kedua di NICU, badannya merah2 krn alergi infusan

Hari berikutnya ada kelas laktasi dari rumah sakit, daripada nangis dan sedih2an terus akhirnya gw milih untuk ikut aja kelas laktasi...itung2 buat belajar gimana nyusuin..dan setelah selesai kelas, konselornya mencet puting gw dan asi uda mulai keluar, akhirnya semangat pun mulai tumbuh...selesai dari kelas laktasi gw mulai merah pake tangan dan akhirnya dapet 10 ml. Setiap 2 jam sekali gw peres2 dengan skill yg seadanya dan hasilnya masih 10 ml juga. Karena edel juga masih dalam tahap adaptasi, susternya bilang 10ml cukup nanti sedikit demi sedikit ditambah.
Nambah beban lg, setelah dicek bilirubin edel lumayan tinggi dan harus disinar...ga tega banget liat kakinya yg satu diinfus, dan satu lg harus diambil darahnya buat cek bilirubin :'(

Yah pokoknya total perjuangan edel di NICU itu kurang lebih 3 hari setelah itu edel dipindahin ke ruang perina atau ruang rawat biasa, adaptasinya cepet dan proses recoverynya bagus jadi total edel di rs sekitar semingguan lah. Dalam waktu seminggu itu kan gw uda pulang ke rumah duluan, kerjaan gw dirumah pumping, pumping, dan pumping...ngumpulin asi buat edel. Uti juga tiap pagi sama sore ke rs buat anterin asip. Setelah edel keluar dr inkubator gw baru boleh nyusuin langsung. Edel ga langsung mau...dia meraung2 karena mungkin posisi latch on nya yg masih salah. Gw nyerah dan bilang sama susternya buat tetep kasi asi pake botol aja. Tapi tiap kalo ke rs, gw ttp coba paksain kasi asi langsung untung lama2 edel mau. Biarpun mengalami ini semua, masih banysk hal yg disyukuri sih...untung edel sakitnya ga parah2 amat dan cepet proses sembuhnya, untung asi gw keluarnya lancar dan cukup buat edel, untung kita masih ada rejeki buat ngelunasin biaya rs yg "lumayan" banget, untung kita masih dikasih kekuatan sama Tuhan buat menghadapi ini semua, untung sekarang edel sehat2 aja.

Semenjak edel sakit sekarang gw sama uti jd over protektif sama edel. Karena rumah kita di pinggir jalan dan banyak debu, akhirnua di kamar kita pake air purifier buat meminimalisir debu. Kita juga lbh rajin cuci tangan dan pake sanitizer dulu kalo mau contact sama anaknya, baju2 edel yg sebelumnya uda dicuci pake pewangi akhirnya di cuci ulang semua karena kata suster buat menghindari yg wangi2 dulu untuk sebulan pertama. Uti jadi tiap hari ngepel nyapu kamar biar bersih terus. Semua demi anak rela dilakukan deh. 

Edeline, semoga ke depannya kamu sehat2 terus dan tumbuh jadi anak pinter, anak yg sehat, anak yg takut akan Tuhan dan jadi anak yg penuh kasih. 
Karena kejadian ini juga, gw sama uti jadi sadar kalo kita tuh sayangg bgtttt sama edel. Semoga semua org tua disana ga mengalami hal yg gw alami ini yaa...semoga mommy2 to be nanti baby nya sehat2 semua ga kekurangan suatu apapun. Amiin.

Mata bengkak kebanyakan nangis

My big baby

Buat para temen2 bloggers, doain yaa supaya edel sehat terus :)

Monday, November 2, 2015

Edeline's Birth Story

Hari Rabu tgl 28 Oktober 2015, uda dijadwalin untuk kontrol terakhir sama dokternya...jadi pagi2 gw sm uti uda standby di rumah sakit buat CTG sama test urine lagi...setelah selesai hasilnya dikonsultasiin sama dokter, hasil CTG sama test urine nya bagus dan abis itu di USG sama dokter buat tau posisi terakhir si baby...hasil USG nya masih sama si dede masi sungsang dan akhirnya dijadwalin untuk konsultasi ke dokter anastesi dan dokter jantung dulu (harus cek jantung soalnya gw ad keturunan penyakit jantung dr bokap). Terus akhirnya malem uda stay di rs karena jadwal operasi caesar nya pagi jam 5.45.

Perasaan nya ga karuan sih antara seneng, takut, bingung campur aduk deh pokok nya. Setelah masuk ke kamar rawat inap suster lgs masuk buat cukur2 area bawah dan kabarin kalo besok jam 4.45 uda dijemput untuk persiapan operasi. 

Ternyata biarpun takut tetep masih bisa tidur nyenyak hahaha...cuma bangun jam 3 pagi buat pipis abis itu tidur lagi...dan sekitar jam setengah 4 bangun buat cuci muka dan sikat gigi ga lama kemudian dijemput suster pake kursi roda dan menuju ruang operasi. Setelah sampai kamar operasi langsung digantiin baju operasi dan sarung kepala abis itu dijelasin sama dokter anastesi tentang tata cara biusnya. Jadi kita disuru tidur melengkung meluk bantal dan bakalan disuntik di antara ruas tulang belakang. Ternyata suntik biusnya ga berasa sama sekali malahan lbh sakit pasang infusan :( abis dibius perut sampai kaki kebawah berasa anget dan ga bisa digerak2in.

Dimulailah proses belek pembelekan, kalo dibilang takut kayanya lbh ke arah pasrah deh dan pengen proses nya cepet selesai...15 menit kemudian tersengar suara tangisan si dede dan ga berasa air mata mengalir, ya ampun uda jadi ibu sekarang dan ternyata babynya gede banget...

Edeline was born through section caesarian because she's stubbornly stay in breech position

29 October 2015 06.06 AM



My first photos :)

Setelah dibersih2in baby nya di taro didada sebentar dan gw disuru cium si dede...abisan itu semuanya berasa puzzled antara inget dan ga inget...gw inget denger suster2 nya ngobrol setelah itu zonk dan bangun2 uda di ruang pemulihan...rasa bekas operasinya masi belom berasa dan kaki masih kaya org kesemutan rasanya...susternya bilang buat sering2 gerakin kaki dan belajar angkat kaki. Efek bekas biusnya yg berasa di gw cuman menggigil aja dan ga ad mual pusing ato muntah...setelah kurang lebih jam 1 baru dipindahin ke kamar rawat inap dan ga lama si dede pun dibawa buat mulai proses asi...hari pertama asinya belom keluar cuma baru netes2 cairan bening si colostrum itu dan suster ajarin untuk oles2 colostrum nya ke mulut si dede.
Kurang lebih di hari kedua setelah lahiran asi baru mulai keluar dan puji Tuhan lancar dan cukup buat si Edeline.
Begitulah cerita lahiran Edeline yg cepet karena pake jalan pintas. Kalo ditanya bekas jahitannya sakit apa ga? Pas awal2 masi berasa sakit kalo turun ranjang dan kalo duduk. Sekarang sih uda ga berasa sama sekali. Sakitnya masih dalam tahap normal yg bisa di tahan lah, jadi buat yg andaikata memilih jalan sc ga perlu takut kayanya soalnya jaman skrg uda canggih2 nih dokternya...
Aktivitas gw skrg yah ngurus anak, ngumpulin asip, nenenin, mandiin, ganti diaper, bersihin pup dan pipis...hahaha 

Bonus foto anak